Ustaz Maaher, Ribut sama Nikita Mirzani hingga Hina Habib Luthfi

VIVA   –  Polisi menangkap  Soni Eranata alias  Ustaz Maaher  At Thuwailibi. Tempat ditangkap karena menghina Habib Luthfi di Twitternya beberapa waktu cerai-berai. Ustaz asal Sumatera Utara itu “dijemput”  polisi saat berada di rumahnya di kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis subuh kemarin. Tidak ada perlawanan saat proses penangkapan berlangsung.

Penangkapan ustaz Maaher berdasarkan laporan  polisi  LP/B/0677/XI/2020/Bareskrim tanggal 27 November 2020. Sebelum kasus ini bergulir, Maaher pernah berseteru dengan artis kontroversial Nikita Mirzani. Mereka ribut kausa istilah habib tukang obat jalanan.

Awal mula pertikaian ini dari unggahan Nikita masa live di Instagram yang menilai kepulangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab yang dijemput oleh ribuan massa pendukungnya hingga. Nikita merespons dan menyebut Habib Rizieq sebagai tukang obat jalanan.

Mendengar peristiwa tersebut, Maaher yang juga massa Habib Rizieq meradang hingga meminta umat untuk mengepung rumah Nikita yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Polisi bereaksi hingga menjatuhkan anggota nya. Jaga-jaga siapa tahu massa tersebut datang banyak. Faktanya, tak ada massa yang mengepung rumah Nikita.

Nikita makin panas, dia mencari-cari informasi mengenai Maaher. Dari sumber dengan dia dapat, Maaher ternyata tidak nama asli. Soni adalah tanda sesuai KTP. Puas mendapatkan dengan dia cari, Nikita memamerkan hasil data tersebut ke akun Instagramnya. Nikita bahkan berencana melaporkan Maaher ke polisi, namun niat tersebut diurungkan.

Setelah perseteruan dengan Nikita mereda, Maaher balik jadi bahan omongan Warganet. Tempat bikin geger lantaran diduga menghina Habib Luthfi. Begini kronologinya.

Sabtu pagi, 14 November 2020, jagat maya dihebohkan dengan pernyataan akun  Ustaz Maaher  At Thuwailibi di Twitter yang diduga menghina Rais Am Jamiyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah,   Habib Luthfi  bin Yahya.  

Nama keduanya, baik Habib Luthfi dan Maher masuk dalam jajaran  trending topic  Twitter Sabtu, 14 November 2020.  

Meskipun Twit balasan dari akun  @ustadzmaaher_yang diduga menghina Habib Luthfi itu sudah dihapus, namun sejumlah akun di Twitter sudah bertambah dulu  meng-capture twit  balasan yang sempat diposting akun  @ustadzmaaher_.

Dalam twit balasan tersebut, Ustaz Maaher menulis balasan kepada akun  @GundulAdul  ‘Iya tambah indah pake Jilbab… Kayak Kyai nya Banser ini ya.. ‘  Dengan menautkan foto  Habib Luthfi bin Yahya.  

Dituding hina Habib Luthfi, Maaher pun angkat biacara, begini penjelasannya pada akun twitter resminya.

Menghormati seluruh Habaib asalah kewajiban. Tapi mencari wujud Habib mana yang diidolakan, itu pilihan. Manusia punya beragam tanggapan. Saya menghormat Habib Lutfi Serta semua Habaib dengan Dzurriyah Nabi.! Soal foto Habib Lutfi yg digoreng (hanya) untuk menyudutkan hamba, itu sudah lama, ” tulisnya dalam keterangan resmi di akun Twitter @ustadzmaaher_, 14 November 2020.

Tdk ada penghinaan sama sekadar disana. Dan itu bukan Twit saya, tapi balasan saya kepada komen seorang pecinta Habib Lutfi di kolom komentar. Bedakan ‘Twit’ dgn ‘balasan’ terhadap komentar. ”

Ada akun pecinta Habib Lutfi yg profilnya waktu itu memakai seragam Banser, dia menghina beta dikolom komentar dg caci maki seraga menampilkan foto saya y pakai sorban dikepala, dia menghina saya dgn mengagakan ‘tambah cantik pakai jilbab ya loe maher’. Lalu saya balas komen tempat itu dg menampilkan fofo habib Lutfi yg pakai sorban pasti saya. ”

Pukulan telak buat dia. Dia menghina saya Lebih dulu dg mengatakan ‘pakai jilbab’, maka saya katakan bahwa Buah hati Lutfi idola Banser juga di dalam faktanya pakai sorban yang pas seperti saya. Jahatnya, komen dia yg dulu menghina saya itu tidak mereka Screen Shoot. Yg mereka screen shoot balasan sebab saya saja. Kan picik. Itu kejadiannya. ” (ren)

Baca juga: Polisi dengan Ancam Bunuh Habib Rizieq Ternyata Aiptu HN