Satpol PP Kewalahan Cegah Kelompok Massa Habib Rizieq di Megamendung

VIVA   –  Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah bergabung jajaran dihadirkan sebagai saksi di sidang lanjutan kasus kerumunan massa di Megamendung, Bogor dengan terdakwa Kekasih Rizieq Shihab, Senin, 19 April 2021.  

Satpol PP Bogor dihadirkan jaksa penuntut ijmal di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, untuk menjelaskan kasus kerumunan di Pondok Pesantren Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor, zaman peletakan batu pertama 13 November 2020 lalu.  

Sebagaimana diketahui dalam sidang kali tersedia empat orang saksi yang dihadirkan jaksa, tiga diantaranya adalah Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhallah, Kabid Pengendalian dan Operasional Satpol PP Kabupaten Bogor Teguh Sugiarto, dan Kasie Trantib Satpol PP Bogor Iwan Relawan.

Dalam sidang saat ini, Majelis hakim PN Jakarta Timur mencecar Kasatpol PP Kabupaten Bogor terkait gerombolan yang terjadi dan kewenangannya dalam mengendalikan situasi itu.  

Awalnya, hakim menanyakan kewenangan Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus, yang saat itu sedangkan melaksanakan work from home (WFH) terkait mengendalikan kelompok di lapangan. Agus lalu menjelaskan telah mendelegasikan kewenangannya kepada bawahannya, yakni Kabid Pengendalian dan Operasional Satpol PP Kabupaten Bogor Setia Sugiarto.  

“Saya sudah mendelegasikan kewenangan ke pejabat tertinggi pada lapangan, ” kata Agus di persidangan.

“Jadi pada lapangan Kabid ini bisa ambil keputusan (mengendalikan dilapangan), ” tanya hakim.

“Bisa, ” Agus menjawab pertanyaan hakim.

Hakim kemudian bertanya kepada Teguh Sugiarto, yang sudah mendapat kewenangan pada lapangan saat terjadi kelompok dalam acara Rizieq. Ketua menanyakan apa langkah maujud yang dilakukan Teguh pada mengantisipasi kerumunan selain imbauan.