Ragam Khasiat Ekstrak Buah Kaktus, Anti Aging hingga Atasi Jerawat

VIVA â€“ Tahukah Kamu kalau buah kaktus seringkali dipakai sebagai bahan pembuatan skincare? Ya, ekstrak buah kaktus yang terkandung sebagai bahan aktif produk perawatan kulit punya banyak manfaat baik untuk kecantikan.

Beberapa di antaranya, sebagai anti aging, melembapkan, anti-mikroba, detoks, hingga meredakan jerawat.

Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract. Itu karena buah kaktus jenis ini dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan. Bahkan buah ini juga dijadikan bahan makanan di beberapa negara.

Kandungan opuntia coccinellifera fruit extract lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembapkan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh kaktus yang hidup di area padang pasir kering dan gersang, sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembapkan.

Berikut ini sejumlah khasiat ekstrak buah kaktus untuk kesehatan kulit, dikutip dari rilis produk skincare lokal, AYSI, Rabu, 15 September 2021.

1. Melembapkan

Kulit rentan mengalami dehidrasi kalau kelembapannya tidak terjaga. Menurut dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, senyawa yang ada di dalam ekstrak buah kaktus mampu membuat kulit tampak lebih lembap dan kenyal. Sehingga, sangat cocok untuk Kamu pemilik kulit kering.

2. Meredakan Jerawat