Mengapa Kita Bisa Melihat Hantu

VIVA   –  Sebagian orang ada yang percaya soal hantu, walaupun ilmu pengetahuan tak bisa memeriksa kehadiran makhluk tersebut. Sejumlah orang juga mengklaim, telah melihat atau  merasakan keberadaannya.

Baca juga:   Siap-siap Transformers Akan Dikirim ke Bulan

Laman Popsci ,   dilansir VIVA Tekno  Kamis  8 Oktober 2020, menjelaskan enam  faktor secara mental dan wujud mengenai mengapa kamu bisa melihat hantu. Beberapa di antaranya menjelaskan penampakan  secara ilmiah.

Ingin Percaya
Anugerah film  atau cerita horor, banyak manusia yang percaya soal kehadiran hantu. Dalam laporan perusahaan penelitian YouGov, setengah dari orang Amerika menganggap hantu itu ada.

Hal ini tanpa sadar menyelinap ke alam bahwa sadar dan membawanya ke kehidupan sehari-hari. Manusia terkadang terbawa pikiran garang saat berada dalam kejadian sungguh biasa, misalnya tiba-tiba merasa sejuk.

Tempat Gelap dan Asing
Saat berada di tempat gelap serta asing, insting kamu akan semakin tajam dan bekerja dalam dua cara. Pertama, menganggap tidak tersedia apa-apa padahal sebenarnya ada pemakan yang mengancam. Sementara, yang kedua adalah menganggap ada ancaman tapi nyatanya kamu hanya seorang muncul.

Baca juga:   Mau Mencatat Zoom Meeting Tanpa Izin Host, Coba Deh Cara Ini

Semakin pekanya insting tersebut, membuat kita bisa merasakan keberadaan bukan hanya makhluk hidup, tapi juga hantu.

Kehilangan Orang Tercinta
Para psikologi menyebut, komunikasi setelah kematian jadi jenis dukun paling umum. Salah satu inspeksi tahun 1971 di British Medical Journal mengatakan, setengah dari bujang di Wales dan Inggris mengaku pernah melihat pasangan mereka.

Para ahli menyatakan, hantu-hantu ini membantu manusia untuk menghadapi peristiwa menyakitkan maupun membingungkan. Pengkajian tahun 2011 menyatakan beberapa perkara mengenai komunikasi dengan orang dengan sudah meninggal membuat kelegaan sejak kesedihan dari mereka yang ditinggalkan.

Otak yang Bermasalah
Sejumlah orang yang dapat mengikuti atau melihat hantu, menjadi parameter kondisi awal medis seperti schizophrenia . Kelainan otak juga cenderung mendasari adanya ikatan dengan kemampuan tersebut.

Bahkan bagi mereka yang tak memiliki penyakit mental, adanya perubahan sementara pada aktivitas otak mampu membuat terhubung dengan dunia mistis itu. Sejumlah psikiater menganggap penglihatan terhadap hantu merupakan akibat sebab kelumpuhan tidur.

Gangguan Audio
Pada awal 1980an, insinyur asal Inggris bernama Vic Tandy mengalami perasaan dingin dan mengaku melihat penampakan saat bekerja di laboratorium. Tetapi karena skeptis, dia mencari terang dan pelakunya adalah kipas dengan kecepatan 18, 9 Hz.

Sebuah belajar juga menyatakan, jika suara tertentu menyebabkan organ pada tubuh bergetar. Walaupun tidak terdengar telinga pribadi, yang jangkauan mencapai 20 Hz, intervalnya bisa menciptakan sejumlah buah yang berbahaya.

Manipulasi Indera Manusia
Indera manusia dapat memanipulasi buat mempercaya melihat sesuatu yang tak ada. Sejumlah mitos atau bahan yang belum terpercaya dapat mengacaukan cara kerja bagian dalam akal. Hal itu bisa mengacak tanggapan manusia dengan cara yang ganjil.