Menegah Serangan Siber, Laptop Ini Dilindungi Pertahanan Berlapis

VIVA   –  Produsen laptop asal Jepang, Dynabook, merilis keluaran baru Portege X30W-J. Ini merupakan laptop berbobot 989 gram dengan menggunakan prosesor Intel Core i5 dan i7 quad-core 10 nm generasi ke-11. Laptop yang dibanderol mulai dari harga Rp33 juta dan sudah tersedia di Nusantara sejak Desember 2020 tersebut juga bisa difungsikan layaknya sebuah tablet.

General Manager Product Strategy for Mobile Computing Solutions, Device and IoT Dynabook Singapore, Wong Wai Meng, menjelaskan perangkat anyarnya itu dilengkapi memori LPDDR4x saluran ganda hingga 32GB yang bekerja dalam 4. 266 MHz serta penyimpanan PCIe SSD hingga 1TB.

Baca: Bagaimana Karakter Kejahatan Siber Bisa Tahu Cetakan Ponsel Korban

“Dynabook Portege X30W-J sudah bersertifikasi Intel Evo & tersedia dalam konfigurasi menggunakan teknologi grafis baru Intel Iris Xe untuk level grafis, ketahanan aki, kecepatan menyala, kemampuan prosesor, ketersediaan port Thunderbolt 4, dan WiFi 6, ” ungkapnya, Minggu, 27 Desember 2020.

Lantaran sisi keamanan, laptop ini telah memenuhi persyaratan PC Microsoft Secured-core. Menurut Wong, perangkat ini menggabungkan Bios milik Dynabook, enkripsi, mengikuti otentikasi wajah dan sidik jari untuk memastikan data terlindung daripada serangan siber yang semakin canggih.

Selain itu, Rana webcam dan slot Lock ketenangan juga diatur agar memberikan privasi lebih. Serangan siber diprediksi mau terus berkembang di Indonesia. Molek dari segi taktik, teknik, maupun prosedur yang digunakan. Oleh karenanya perlu menjadi perhatian dalam memajukan kewaspadaan nasional.

Perkembangan teknologi membuat pukulan siber di Tanah Air semakin mengkhawatirkan. Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN mencatat, bertambah dari 325 juta serangan siber mulai dari Januari hingga Oktober 2020. Dari jumlah itu, gempuran paling dominan adalah jenis tipu tautan phishing, Distributed Denial of Services (DDoS) dan ransomware.