Melihat Fakta: Bandung Kota Zona Hitam Corona

VIVA   –  Akun Facebook bernama Cyan Eka Ghaniy mengunggah tahanan layar gambar dari percakapan Whatsapp yang menyatakan bahwa Kota Bandung sudah masuk zona hitam.  

Berikut kutipan narasinya:

Narasi postingan:

“Hi how are you?
Me: ”

Narasi pada tulisan:

“Bandung Kota, Daerah Hitam,, Corona 19 di Bdg meningkat drastis. Hati2 ya kawan semua. ”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dilansir dari Cekfakta. com, informasi yang menyebutkan Kota Bandung sudah masuk zona hitam tidak benar. Dilansir dari Rri. co. id, Ketua Harian Himpunan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pemberitaan itu tidak benar.

“Kalau memang positif aktif itu sungguh ketentuannya itu. Sekarang kan polanya sudah tidak seperti itu (zona hitam dan biru), itu telah tidak berlaku lagi yang beta tahu, ” ujar Ema kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (8/9/2020).  

Selain itu, kata Ema, sekarang zona Kota Bandung, berdasarkan data, pemerintah pusat juga yang menentukan Bandung itu berstatus zona oranye (orange). Tidak ada klasifikasi kawasan dengan warna hitam.

Sekarang, katanya, pembagiannya total oranye, jadi karena ada pola patokan. Yang sekarang ini berubah makin istilah angka reproduksi pun sudah diubah.

Dilansir lantaran Cirebon. tribunnews. com, Kepala Bapelitbang sekaligus Koordinator Bidang Perencanaan, Bahan, Kajian dan Analisis Gugus Suruhan COVID-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengungkapkan, Kota Bandung masih berkedudukan zona oranye.

Berserakan, berdasarkan laman Covid19. go. id, per 9 September 2020, denah zona risiko COVID-19 di Praja Bandung berwarna oranye.

KESIMPULAN

Per tanggal 8 September 2020, menurut Ketua Harian Gugus Perintah Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna zona Kota Bandung bersandarkan data yang ada, bahkan saat ini pusat juga yang menunjukkan Bandung itu masuk zona oranye (orange).

PUNCA

https://cekfakta.com/focus/4968