Kiyai Yahya Staquf: Pancasila Solusi Peradaban Baru Dunia

VIVA â€“ Pancasila yang digali oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa ini, diyakini sudah bisa menjadi solusi dalam peradaban dunia baru saat ini.

Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf menyatakan, Pancasila sama sekali bukan lah ideologi yang thagut. Sebaliknya, kata dia, Pancasila justru menggarisbawahi sendi-sendi Islam dalam konteks peradaban manusia.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yahya ini, bukan Islam yang menguatkan Pancasila. Namun justru Pancasila lah yang menguatkan Islam. Pancasila disebut merupakan terjemahan nilai-nilai utama Islam yang menemukan konteks.

Baca juga: Menag Minta Umat Muslim Tak Gelar Takbir Keliling

“Orang-orang yang bilang Pancasila thagut itu, ini dia hanya mencari-cari alasan agar bisa memaksa orang lain kembali lagi ke format peradaban sebelum perang dunia pertama. Maka ini akan menjadi malapetaka yang luar biasa bagi peradaban umat manusia,” kata KH Yahya Staquf saat hadir dalam ‘Inspirasi Sahur: Islam dan Kebangsaan’ yang diselenggarakan Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan (PDIP), Senin 3 Mei 2021.

“Kenapa? Karena seluruh negara bangsa ini disuruh bubar semua untuk bergabung ke dalam satu kekhilafahan seperti dulu. Anda bisa bayangkan kita harus berperang lagi berapa puluh tahun,” sambungnya.