Kepala KPU OKU: Hasil Rapid Test Ratusan Petugas PPS Reaktif

VIVA   –  Hasil rapid test atau tes cepat ratusan Panitia Pemungutan Perkataan (PPS) KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan reaktif COVID-19 sehingga dalam waktu dekat mau dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua.

“Ada sekitar 150 orang PPS yang hasil tes cepatnya beberapa waktu lalu reaktif, ” kata Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Kejayaan di Baturaja, Senin (7/12).

Rapid test ulang tersebut sendiri, kata Naning, akan dikerjakan dalam waktu dekat sebelum Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang dan diharapkan tidak ada dengan reaktif.

“Mudah-mudahan semuanya non reaktif, ” harapnya.

Jika nanti ada dengan masih reaktif, lanjut Naning, pihaknya akan segera melakukan pergantian terhadap PPS dan KPPS tersebut buat ditugaskan di lapangan.

“Karena sesuai peraturan seluruh bagian penyelenggara Pilkada serentak 2020 harus benar-benar sehat saat menjalankan suruhan di lapangan, ” tegas dia.

Sementara itu, selain KPU OKU tes cepat kembali tersebut juga dilakukan Bawaslu OKU terhadap 22 Pengawas TPS di wilayahnya sebab dinyatakan hasilnya reaktif saat pemeriksaan kesehatan beberapa masa lalu.

“Kalau nanti mereka masih ada yang reaktif, kami akan langsung melakukan PAW terhadap Pengawas TPS tersebut, ” tegas Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya belum lama ini. (ant)