Jadi Kurir Sabu Seberat 41 Kg, Narji Divonis Mati di PN Medan

VIVA â€“ Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan hukuman terhadap Tantra Surya Dewangga alias Narji Bin Ruddy Arianto (20 tahun), terdakwa kasus narkoba dengan barang bukti sabu seberat 41 kilogram dengan hukuman mati, Rabu 14 Juli 2021.

Terdakwa merupakan warga Desa Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Dia terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan bersalah terlibat dalam peredaran narkoba tersebut.

“Mengadili dan memeriksa perkara. Dengan ini, menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Tantra Surya Dewangga alias Narji Bin Ruddy Arianto dengan pidana mati,” sebut majelis hakim yang diketuai Syafril Batubara, di ruang Cakra 7 di PN Medan secara virtual.

Dalam amar putusan, majelis hakim menilai perbuatan terdakwa bersalah melanggar pasal 114 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Yakni melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan atau menerima Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram,” jelas hakim Syafril Batubara.

Putusan tersebut, sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menutut Narji dengan hukuman pidana mati. Atas putusan itu, terdakwa dan JPU sama-sama menyatakan pikir-pikir.