Hyundai Bikin Mobil yang Gak Dijual ke Sembarang Orang

VIVA   –Hyundai kini menjadi salah satu merek otomotif Asia yang menawarkan beragam keluaran di pasar otomotif global. Tidak hanya versi standar, pabrikan Korea Selatan ini juga menawarkan mobil berperforma tinggi.

Mobil kencang yang dimaksud adalah Hyundai i20 N Rally2. Sesuai namanya, kendaraan ini dirancang untuk bisa melibas lintasan reli kelas dunia, serta menggantikan produk i20 R5 yang sudah ada sejak tahun 2015.

Hyundai Motorsport team principal, Andrea Adamo mengucapkan, Hyundai i20 R5 merupaakan mobil pertama dari divisi khusu Hyundai Motorsport Customer Racing. Kini ada versi i20 N Rally2, dengan memperlihatkan pencapaian dalam lima tahun terakhir.

“Setiap mobil berperforma tinggi, ialah peningkatan dari model aslinya. Semua dikerjakan oleh tim desainer,   dan para insinyur Hyundai yang berdedikasi, ” ujarnya seperti dikutip dari Carscoops, Jumat 23 Oktober 2020.

Baca juga: Gara-gara Logonya Bisa Menyala, Mercedes-Benz Tarik Belasan Ribu Mobilnya

Mobil reli rancangan Hyundai itu dibangun dari produk Hyundai i20 N model tahun 2021. Desainer pabrikan Korea Selatan tersebut merancang ulang desain bodi, dengan sesuai dengan regulasi di medan reli.

Sementara itu, para insinyur meronce ulang keamanan mobil, mengganti suspensi dan sistem peredaman, serta menyematkan mesin baru berkapasitas 1. 600cc turbocharged yang dipadukan transmisi sequential gearbox lima percepatan.

Hyundai hendak memulai program pengujian ekstensif untuk i20 N Rally2 baru simpulan bulan ini. Setelah itu, transmisi unit dan homologasi akan dilakukan pada tahun depan. Sayangnya, mobil ini tidak dijual umum & hanya dijual untuk tim reli saja.