Harga Emas Hari Ini 29 September 2021: Global Datar, Antam Anjlok

VIVA â€“ Harga emas internasional dibuka tak bergerak atau datar pada perdagangan Rabu pagi. Hal itu karena tekanan dari kenaikan dolar dan imbal hasil dari Surat Berharga AS di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga acuan AS.

Dilansir dari CNBC pada Rabu 29 September 2021, harga emas di pasar spot datar di level US$1.735,17 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS sedikit berubah di level US$1.735,90 per ons.

Pada hari ini indeks dolar terhadap sejumlah mata uang dunia lainnya melayang di dekat level tertingginya dalam 10 bulan terakhir. Sedangkan patokan imbal hasil obligasi AS bertahan di dekat puncaknya.

Dua indikator yang alami peningkatan tersebut meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan tanpa bunga. Sementara itu, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan ekonomi AS masih jauh dari target lapangan kerja maksimal, yang menjadi kunci dari persyaratan bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

Kemudian, Kepercayaan konsumen AS turun ke level terendah dalam tujuh bulan terakhir pada September karena peningkatan kasus COVID-19 dan memperdalam kekhawatiran tentang prospek jangka pendek ekonomi.