Dalil Hakim Tolak Eksepsi Buah hati Rizieq atas Kasus Swab Test RS Ummi

VIVA   –  Eksepsi ataupun nota keberatan Habib Rizieq Shihab atas dakwaan pasal swab test RS UMMI Bogor ditolak oleh indah hakim pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu  7 April 2021. Hakim kemudian mengungkap alasan penolakan eksepsi Habib Rizieq.

Ketua Majelis Ketua Khadwanto mengatakan, alasan penolakan eksepsi atau nota keberatan tersebut adalah  dakwaan atau surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dinilai telah sesuai dengan ketentuan KUHAP.  

“Menimbang, bahwa setelah membaca & mengkaji surat dakwaan atas nama Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab, mahkamah hakim berpendapat bahwa tulisan dakwaan tersebut sudah menutup syarat formil suatu surat dakwaan, ” kata Khadwanto dalam persidangan di PN Jakarta Timur.

Dalam petunjuk, isi pokok berisi kalau dakwaan JPU telah memuat nama lengkap, tempat ada, umur atau tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan, tempat tinggal, agama, dan juga pekerjaan terdakwa. Selain itu, sendat Khadwoto, JPU telah menguraikan secara cermat, jelas dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menuturkan waktu dan tempat tindak pidana itu dilakukan.