Awas, Deret Makanan Lebaran Ini Picu Kenaikan Kolesterol

VIVA   –  Jelang Hari Raya Idul Fitri, beraneka macam persiapan telah dilakukan sebab seluruh umat muslim, tercatat menu lebaran. Di Nusantara, makanan khas lebaran biasanya memiliki kenikmatan tersendiri secara kekayaan rasa dari rempahnya. Tapi, ada bahaya kolesterol dibaliknya.

Dituturkan dokter spesialis gizi klinik konsultan, dr Ida Gunawan, MS, SpGK (K), dengan harus diperhatikan saat bermaksud mengonsumsi makanan ketika lebaran tiba adalah ‘tahu diri sendiri’. Artinya, mengenali faktor risiko untuk membatasi makanan bergantung pada kondisi per.

Berbagai sasaran yang disediakan di meja saat lebaran, kata Ida, memiliki keragaman rasa nusantara. Tentu, bahan-bahan dan rempah yang digunakan juga berbeda. Namun, di momen lebaran biasanya memiliki persamaan yaitu makanan yang diolah secara banyak minyak (deep fried) serta memakai santan.

“Ada sambal goreng, bukan sambelnya tapi digorengnya yang ditekankan. Kentang  digoreng, bumbu masih oke karena pakai rempah. Tapi kandungan minyak agung, minyaknya banyak dan kentangnya (digoreng) tenggelam atau deep fried, ” ujarnya dalam program Hidup Sehat, TvOne , Selasa 11 Mei 2021.